Program Magister Manajemen

Visi  ” Menghasilkan magister yang mandiri dan unggul dalam bidang manajemen dan bisnis telekomunikasi”.
Misi  “Menyelenggarakan pendidikan tinggi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas    di bidang manajemen dan bisnis telekomunikasi di Indonesia”.
Tujuan
  • Menghasilkan magister manajemen yang memiliki integritas, kepribadian tinggi dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    Menghasilkan magister yang memiliki pengetahuan dan     keterampilan manajemen dan bisnis telekomunikasi
    Menghasilkan magister yang berjiwa wirausaha dan memiliki kemampuan bersaing dalam bisnis khususnya bidang telekomunikasi.
    Menghasilkan magister manajemen yang memiliki integritas, kepribadian tinggi dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Menghasilkan magister yang memiliki pengetahuan dan     keterampilan manajemen dan bisnis telekomunikasi
  • Menghasilkan magister yang berjiwa wirausaha dan memiliki kemampuan bersaing dalam bisnis khususnya bidang telekomunikasi.
Program Perkuliahan
  1. Program MM Konsentrasi

    1. Konsentrasi Corporate Development
    2. Konsentrasi Applied Finance
    3. Konsentrasi Business and Telecomunication
  1. Program Certificate of Business Management (CBM)
    1. Manajamen Keuangan
    2. Manajamen Pemasaran
    3. Manajamen Operasi dan produksi
    4. Manajamen Sumber Daya Manusia
    5. Manajamen Strategi Korporat & Pengembangan Bisnis
    6. Manajamen Tingkat Lanjut
    7. Manajamen Bisnis Telekomunikasi
Jadwal Perkuliahan 
  1. Kelas Pagi : Setiap hari Senin s.d Jumat (Pukul 08.00 – 16.50 WIB)
  2. Kelas Malam : Setiap hari Senin, Rabu dan Jumat (Pukul 18.30 – 21.50 WIB)
  3. Kelas Weekend : Setiap hari Jumat (Pukul 18.30 – 21.50 WIB) dan Setiap hari Sabtu (Pukul 08.00 – 16.50 WIB)
Lama Perkuliahan  
  • Kelas Pagi : 3 Trimester
  • Kelas Malam & Weekend : 6 Trimester
Tujuan  Perkuliahan 
  1. Konsentrasi Corporate Development

    1. Membantu dalam mempersiapkan diri membangun kompetensi manajerial

    2. Membantu mengembangkan diri dengan wawasan dan kemampuan analisis tinggi

    3. Memberikan pemahaman dan kemampuan untuk melakukan analisis dan merumuskan langkah-langkah strategis baik untuk kepentingan persaingan maupun untuk pengembangan usaha.

    4. Memberikan pemahaman dan kemampuan dalam penyusunan “Grand Scenario” (Vision, Mission, Quality, Policy & Strategic Direction) usaha sesuai dengan tuntutan dinamika lingkungan usaha

  1. Konsentrasi Applied Finance
    1. Memberikan pemahaman tentang aplikasi keuangan yang baik
    2. Membantu dalam mempersiapkan diri membangun kompetensi manajerial dalam bidang keuangan

    3. Membantu mengembangkan diri dengan wawasan dan kemampuan analisis tinggi di bidang keuangan, yang bermanfaat untuk mengambil keputusan

    4. Membantu agar dapat membuat dan merancang keuangan perusahaan

  1. Konsentrasi Business and Telecommunication
    1. Memberikan konteks manajemen berbasis teknologi informasi & komunikasi (infokom) dengan pemahaman terhadap karakteristik teknologi yang sangat dinamis dan future oriented

    2. Memberikan pemahaman tentang kecepatan perkembangan teknologi yang terjadi bidang infokom serta peluang dan tantangan yang terjadi sebagai dampak dari pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut

    3. Memberikan pemahaman dan kemampuan dalam penyusunan “Grand Scenario” (Vision, Mission, Quality, Policy & Strategic Direction) usaha sesuai dengan tuntutan dinamika lingkungan usaha

    4. Memberikan pemahaman dan kemampuan dalam melaksanakan pengelolaaan usaha secara kualitatif, termasuk merumuskan sikap dalam menghadapi persaingan usaha

    5. Memberikan pemahaman dan kemampuan untuk melakukan analisis dan merumuskan langkah-langkah strategis baik untuk kepentingan persaingan maupun untuk pengembangan usaha. Pada akhir program diharapkan peserta telah mempunyai pemahaman manajerial yang diperlukan dalam pengelolaan industry infokom, mulai dari penyusunan strategi sampai dengan pengelolaan operasional usaha

    6. Khusus kelas MM BIZTEL pagi (regular), memberikan kemampuan berkomunikasi bisnis secara katif dalam bahasa Inggris ( pengantar proses belajar mengajar dalam bahasa inggris)

Persyaratan Perkuliahan
  1. Konsentrasi Corporate Development 
    Sarjana (Lulusan program S 1) baik Fresh Graduate maupun mempunyai pengalaman bekerja, dengan IPK minimal 2.75 dari perguruan tinggi reputable.  
  2. Melampirkan sertifikat TOEFL (dari tempat tes yang reputable) dengan skor 450
  3. Lulus Seleksi : Potensi Akademik, Tes bahasa Inggris dan wawancara
  4.  
  5. Konsentrasi Applied Finance
    1. Sarjana (Lulusan program S 1) mempunyai pengalaman bekerja minimal 2 (dua) tahun, dengan IPK minimal 2.75 dari perguruan tinggi reputable.

    2. Melampirkan sertifikat TOEFL (dari tempat tes yang reputable) dengan skor 450

    3. Lulus seleksi : Potensi Akademik, Tes Bahasa Inggris dan wawancara

  6. Konsentrasi Business Telecommunication
    1. Sarjana (Lulusan program S 1) mempunyai pengalaman bekerja di bidang manajerial minimal 2 (dua) tahun, dengan IPK minimal 2.75 dari perguruan tinggi reputable.

    2. Melampirkan sertifikat TOEFL (dari tempat tes yang reputable) dengan skor 450

    3. Lulus seleksi : Potensi Akademik, Tes Bahasa Inggris dan wawancara

Kompetensi Lulusan
  1. Konsentrasi Corporate Development (CD)

    Handal, berwawasan luas, kreatif, inovatif dan memiliki daya analisis tinggi dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan pembuat/pengembangan bisnis/perusahaan yang dikelola dengan baik

  2. Konsentrasi Applied Finance (AF)

    Handal, berwawasan luas, kreatif, inovatif dan memiliki daya analisis tinggi dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan aplikasi pengelolaan keuangan di perusahaan.

  3. Konsentrasi Business Telecommunication

    Handal, berwawasan luas, kreatif, inovatif dan memiliki daya analisis tinggi dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan bisnis telekomunikasi.

Kurikulum Program MM

Kurikulum Program Magister Manajemen total 42 (empat puluh dua) satuan kredit semester (sks) yang terdiri dari Mata Kuliah Dasar, Mata Kuliah Fungsional, Mata Kuliah Integrasi dan Mata Kuliah Konsentrasi. Uraian masing-masing kelompok mata ajaran adalah sebagai di bawah.

  1. Kelompok Mata Ajaran Dasar (7 satuan kredit semester)
    Merupakan kelompok mata ajaran yang bertujuan untuk menyamakan tingkat pengetahuan dan keterampilan dasar yang sebaiknya sudah dimiliki oleh peserta program Magister Manajemen.
    No Nama Mata Kuliah SKS
    1 Case Method Preparatory Courses 1
    2 Manajemen 2
    3 Statistik Bisnis & Analisa Kuantitatif 2
    4 Akuntansi 2
  2. Kelompok Mata Ajaran Fungsional (12 satuan kredit semester)

    Merupakan kelompok mata ajaran yang bertujuan untuk memberikan dan membangun pengetahuan dan keterampilan fungsional yang dibutuhkan peserta program Magister Manajemen untuk mampu melakukan analisis masalah fungsional secara mandiri.

    No Nama Mata Kuliah SKS
    1 Manajemen Pemasaran 3
    2 Manajemen Produksi & Operasi 3
    3 Manajemen Sumber Daya Manusia 3
    4 Manajemen Keuangan 3
  3. Kelompok Mata Ajaran Integrasi (11 satuan kredit semester)

    Merupakan kelompok mata ajaran yang bertujuan untuk memberikan dan membangun pengetahuan dan keterampilan melakukan analisis dan sintesis aspek fungsional ke dalam aspek perubahan di tingkat fungsional.

    No Nama Mata Kuliah SKS
    1 Manajemen Strategi 3
    2 Metodologi Penelitian & Proposal Usulan Tesis 2
    3 Tesis 6*
    *) Diberikan setelah seluruh mata kuliah konsentrasi selesai
  4. Kelompok Mata Ajaran Konsentrasi (12 satuan kredit semester) Merupakan kelompok mata ajaran yang bertujuan untuk memberikan dan membangun pengetahuan dan keterampilan melakukan analisis dan sintesis aspek fungsional secara mendalam.
    1. Konsentrasi Corporate Development
      No Nama Mata Kuliah SKS Jenis Mata Kuliah
      1 Innovation & Entrepreneurship 3 Wajib
      2 Business Ethics & Corporate Governance 3 Wajib
      3 Corporate Development 3 Wajib
      4 Enterprise Risk Management 3 **Pilihan
      5 Small Business Management 3 **Pilihan
      6 Technology Management 3 **Pilihan
      **) Pilihan hanya satu mata kuliah
    2. Konsentrasi Applied Finance
      No Nama Mata Kuliah SKS Jenis Mata Kuliah
      1 Financial Statament Analysis & Security Valuation 2 Wajib
      2 International Finance 2 Wajib
      3 Investment 2 Wajib
      4 Enterprise Risk Management 2 Wajib
      5 Fixed Income Analysis 2 ***Pilihan
      6 Derivative 2 ***Pilihan
      7 Advanced Valuation 2 ***Pilihan
      8 Merger & Acquisition 2 ***Pilihan
      ***) Pilihan hanya dua mata kuliah
    3. Konsentrasi Business Telecommunication
      No Nama Mata Kuliah SKS Jenis Mata Kuliah
      1 IP & Wireless 2 Wajib
      2 Management Technology & Information 4 Wajib
      3 Multimedia Communication 2 Wajib
      4 Business Information Management 2 Wajib
      5 Business Suport System 2 ****Pilihan
      6 IT Strategic Plan 2 ****Pilihan
      ****) Pilihan hanya satu mata kuliah
Biaya Kuliah Program MM 

NO

WAKTU PERKULIAHAN

KONSENTRASI

PEMBUKAAN TA 2013

PRICE (Rp)

MAR

MEI

JUNI

OKT

NOV

DES

1

PAGI

APPFIN/CORDEV

 

 

v

 

 

v

47.000.000

2

MALAM

APPFIN/CORDEV

 

v

 

v

 

 

52.000.000

3

WEEKEND

MM BIZTEL

v

 

 

 

v

 

55.000.000

Dosen Tetap

No Nama
1 DR. ASEP SURYANA NATAWIRIA
2 BAMBANG SUBAGYO, DRS., MM
3 DEDDY KURNIADI, MBA
4 PROF. DR. HIRO TUGIMAN SOMOMENGGOLO, Ak., QIA
5 DR. JAFAR SEMBIRING, M.Ed.M
6 MAS BAMBANG BAROTO, IR., Ph.D
7 DR. MAYA ARIYANTI
8 DR. RIKO HENDRAWAN
9 TARCISIUS TARIMAN SIPAYUNG, MM
10 DR. YUDI PRAMUDIANA, MM., MT

Download_Artikel

Download_Artikel



index pengumuman akademik

Tulisan Dosen

Teliti Green Marketing Property

Lebih dari itu, bangunan ini harus hemat listrik, tak menggunakan teknologi yang berimbas pada perusakan lapisan ozone, serta pembuangan limbah yang ramah lingkungan dengan adanya sumur resapan. ...

Readmore

Tak Rugi Dengan Bursa Terintegerasi

oleh : Tieka Trikartika Gustyana, SE, MM

Sudah dua hari ini, Norman uring-uringan. Pialang saham Bursa Efek Indonesia (BEI) ini mengalami kerugian gara-gara salah mengambil keputusan. Alhasil, ...

Readmore

Design Strategy: Dongkrak Performa Bisnis Industri Kreatif

oleh : Siska Noviaristanti, S.Si, MT

Januari 2008, Samsung Electronics memenangkan 32 penghargaan inovasi dan rekayasa desain dalam Consumer Electronic Show, event terbesar dunia di bidang ...

Readmore

Branding Itu Penting

Oleh : Indira Rachmawati, ST, MSM

Mempromosikan merk sebuah produk tidaklah mudah. Dibutuhkan marketing andal untuk mempromosikan merk hingga menjadi sebuah brand. Tanpa brand yang kuat, produk ...

Readmore

Pengukuran Efektivitas Social Media

 oleh : Alila Pramiyanti, S.Sos, M.Si

Komunikasi pemasaran adalah suatu usaha untukmenginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupuntidak langsung tentang produk dan ...

Readmore

API – CMS : Kian Mudahnya Delivery Service

Sebagian warga kota pasti sering menggunakan jasa layanan pesan antar produk. Biasanya, selain pengiriman paket, layanan pesan antar makanan menjadi salah satu alternatif pilihan warga yang malas ...

Readmore

Pasarkan Produk dengan Budaya

Bagi masyarakat perkotaan, kehadiran internet adalah hal baru yang kini semakin lumrah digunakan. Perannya dalam mempermudah berbagai hal telah menjadikannya sebagai salah satu aplikasi teknologi ...

Readmore


index tulisan dosen

Contact us

Welcome to Institut Manajemen Telkom.

Address: Jalan Telekomunikasi, Ters. Buah Batu Dayeuh Kolot Bandung 40257.

Tel: +(62) 22 7503509.

Fax: +(62) 22 7505522.

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Prodi IM Telkom