Desain Komunikasi Visual

Visi Menjadi prodi unggulan dalam bidang Desain Komunikasi Visual yang berbasis manajemen desain dan teknologi multimedia di regional pada tahun 2017.
Misi

1. Menyelenggarakan Tridharma perguruan tinggi yang inovatif dan berkualitas di bidang Desain Komunikasi Visual berbasis manajemen desain dan teknologi multimedia yang bermanfaat bagi bangsa dan negara

2. Membentuk mahasiswa yang memiliki integritas tinggi, sikap profesional, dan semangat kewirausahaan

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan di bidang Desain Komunikasi Visual berbasis manajemen desain dan teknologi multimedia yang memiliki integritas, sikap profesional, dan semangat kewirausahaan.
  2. Memberikan kontribusi bagi kemajuan keilmuan dan industri yang terkait dengan bidang desain komunikasi visual.
  3. Memberikan pelayanan terbaik kepada para stakeholder.
Konsentrasi
  1. Technopreneurship
    (Fokus pada penciptaan produk visual berbasis teknologi dan penciptaan bisnis).
    Kualitas lulusan : memiliki kompetensi desain komunikasi visual untuk mengembangkan inovasi produk dan bisnis pada industri terkait, serta memiliki entrepreneurial skill yang ditunjang oleh keterampilan di bidang Information and Communication Technology (ICT).
  2. Multimedia Marketing
    (Fokus pada perencanaan dan riset pemasaran produk visual).
    Kualitas lulusan : memiliki kompetensi di bidang Marketing Multimedia, melalui pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT), serta memiliki entrepreneurial skill untuk berbisnis secara mandiri.
Kurikulum

Kurikulum Program Sarjana(S1) Desain Komunikasi Visual terdiri atas lima Kelompok Bidang Keahlian selanjutnya disebut KBK, yaitu llmu  Dasar dan Budi Pekerti, Desain Komunikasi Visual, Teknologi dan Inovasi, Bisnis dan Enterpreneurship, serta Marketing.

1) KBK Ilmu Dasar dan Budi Pekerti adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap, dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan, serta bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan ketrampilan di bidang desain.

2) KBK Desain Komunikasi Visual adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan khusus di bidang desain komunikasi visual.
3) KBK Teknologi dan Inovasi adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan teknologi desain, sehingga mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan, serta melakukan inovasi dalam bidang desain komunikasi visual.
4) KBK Bisnis dan Enterpreneurship adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan keterampilan bisnis dan entrepreneurship, yang akan memberikan kekhasan lulusan IM Telkom.
 
5) KBK Marketing adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan pengetahuan marketing yang berlandaskan kepada metode keilmuan, sehingga mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan di bidang marketing multimedia.
 

2) KBK Desain Komunikasi Visual adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan khusus di bidang desain komunikasi visual.

3) KBK Teknologi dan Inovasi adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan teknologi desain, sehingga mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan, serta melakukan inovasi dalam bidang desain komunikasi visual.

4) KBK Bisnis dan Enterpreneurship adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan keterampilan bisnis dan entrepreneurship, yang akan memberikan kekhasan lulusan IM Telkom.

5) KBK Marketing adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan pengetahuan marketing yang berlandaskan kepada metode keilmuan, sehingga mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan di bidang marketing multimedia.

 

Manajemen Ketua Program Studi :  Siska Noviaristanti, S.Si., MT.
Faculty
  1. Abdul Hakim Azis, Drs.
  2. Bambang Budiono, Ir., MT.
  3. Dicky Hidayat, S.Ds.
  4. Djoko Wahjuadi, Drs., MM.
  5. Donny Trihanondo, S.Ds., M.Ds.
  6. Herry Irawan, ST., MM.
  7. Lia Yuldinawati, ST., MM.
  8. Siska Noviaristanti, S.Si., MT.
  9. Sissy, S.Ds., MM.
Fasilitas
  • Ruang kelas nyaman (ber-ac)
  • Perpustakaan online
  • Perlengkapan presentasi multimedia
  • Media informasi elektronik’
  • 1 ruang Studio Gambar (kapasitas 27 orang)
  • 2 ruang Studio DKV (kapasitas @ 25 orang)
  • 1 ruang Gallery Karya DKV
  • 1 ruang Laboratorium Multimedia berbasis Mac Apple
  • [20 unit i-Mac dan 5 unit Mac Pro yang dilengkapi digitizer]
  • Unit Kegiatan Mahasiswa
  • ATM
  • Hotspot
  • SMS Kampus
  • Ruang serbaguna
  • Kantin
  • Mushola

 

Info lebih lengkap bisa di liat di DKV.IMTELKOM.AC.ID

Download_Artikel

Download_Artikel



index pengumuman akademik

Tulisan Dosen

Teliti Green Marketing Property

Lebih dari itu, bangunan ini harus hemat listrik, tak menggunakan teknologi yang berimbas pada perusakan lapisan ozone, serta pembuangan limbah yang ramah lingkungan dengan adanya sumur resapan. ...

Readmore

Tak Rugi Dengan Bursa Terintegerasi

oleh : Tieka Trikartika Gustyana, SE, MM

Sudah dua hari ini, Norman uring-uringan. Pialang saham Bursa Efek Indonesia (BEI) ini mengalami kerugian gara-gara salah mengambil keputusan. Alhasil, ...

Readmore

Design Strategy: Dongkrak Performa Bisnis Industri Kreatif

oleh : Siska Noviaristanti, S.Si, MT

Januari 2008, Samsung Electronics memenangkan 32 penghargaan inovasi dan rekayasa desain dalam Consumer Electronic Show, event terbesar dunia di bidang ...

Readmore

Branding Itu Penting

Oleh : Indira Rachmawati, ST, MSM

Mempromosikan merk sebuah produk tidaklah mudah. Dibutuhkan marketing andal untuk mempromosikan merk hingga menjadi sebuah brand. Tanpa brand yang kuat, produk ...

Readmore

Pengukuran Efektivitas Social Media

 oleh : Alila Pramiyanti, S.Sos, M.Si

Komunikasi pemasaran adalah suatu usaha untukmenginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupuntidak langsung tentang produk dan ...

Readmore

API – CMS : Kian Mudahnya Delivery Service

Sebagian warga kota pasti sering menggunakan jasa layanan pesan antar produk. Biasanya, selain pengiriman paket, layanan pesan antar makanan menjadi salah satu alternatif pilihan warga yang malas ...

Readmore

Pasarkan Produk dengan Budaya

Bagi masyarakat perkotaan, kehadiran internet adalah hal baru yang kini semakin lumrah digunakan. Perannya dalam mempermudah berbagai hal telah menjadikannya sebagai salah satu aplikasi teknologi ...

Readmore


index tulisan dosen

Contact us

Welcome to Institut Manajemen Telkom.

Address: Jalan Telekomunikasi, Ters. Buah Batu Dayeuh Kolot Bandung 40257.

Tel: +(62) 22 7503509.

Fax: +(62) 22 7505522.

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Prodi IM Telkom