MBTI

Visi   “Menjadi program studi yang unggul dalam bidang manajemen dan bisnis konvergensi dengan semangat kewirausahaan di tingkat regional pada tahun 2021”
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dengan semangat kewirausahaan yang unggul dan dikenal secara internasional dalam bidang manajemen dan bisnis konvergensi yang senantiasa aktual dengan kebutuhan industri dan perkembangan dunia.
  2. Menyelenggarakan penelitian unggul bidang manajemen dan bisnis konvergensi.
  3. Berperan aktifdalam pelayanan dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang profesional dan berintegritas tinggi serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan manajemen dan bisnis konvergensi sehingga meningkatkan daya saing bangsa.
  3. Menghasilkan lulusan yang berjiwa wirausaha sehingga mampu berkontribusi signifikan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menghasilkan penelitian yang fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Konsentrasi 1. Konsentrasi Manajemen Bisnis Telekomunikasi (MBT) kompetensi lulusan:
  1. Mampu mengimplementasikan pengelolaan bisnis telekomunikasi
  2. Terampil melakukan evaluasi manajemen berbasis Telekomunikasi dengan dukungan  pengetahuan jaringan telekomunikasi wireless dan seluler serta konsep supply chain management dalam bisnis telekomunikasi.
  3. Mampu menganalisis model bisnis yang sedang digunakan di industri telekomunikasi saat ini (E-tom).
  4. Terampil melakukancustomer relationship management di industri telekomunikasi
  5. Mampu mengevalusi konsep costing and pricing di perusahaan telekomunikasi.
2. Konsentrasi Manajemen Bisnis Informatika (MBI) kompetensi lulusan:
  1. Mampu mengimplementasikan pengelolaan bisnis informatika.
  2. Mampu mengelola keamanan informasi  dan memahami audit keamanan informasi.
  3. Mampu menganalisis sistem informasi manajemen disertai dengan prosedur pengujian perangkat lunak.
  4. Terampilmenciptakan sebuah rencana bisnis informasi.
  5. Mampu merancang proses bisnis e-commerce dan IT business.
3  Konsentrasi Manajemen Bisnis Media (MBM) kompetensi lulusan:
  1. Mampumengimplementasikan pengelolaan bisnis media dan pemasaran bisnis media.
  2. Mampumengevaluasi sistem preservasi informasi digital pada perusahaan-perusahaan media.
  3. Terampilmenghasilkan suatu karya konten yang memanfaatkan media ICT dengan menggunakan unsur-unsur pembentuk konten dan memiliki daya tarik.
4  Konsentrasi Manajemen Bisnis Konten (MBK) kompetensi lulusan:
  1. Mampumemahami ekosistem dalam rantai bisnis konten pada jaringan telekomunikasi mobile, mengerti dan memahami potensi bisnis dari konten mobile, mengerti dan memahami proses penyediaan konten sampai dengan distribusi dan komersialisasinya.
  2. Mampu menganalisis sistem manajemen konten multimedia dan web semantik.
  3. Mampu mengevaluasi sistem preservasi informasi digital pada perusahaan.
5  Konsentrasi Management of International ICT Business kompetensi lulusan:
  1. Mampu mengelola bisnis berskala internasional ditunjang sertifikat International sesuai bidang yang diminati dan pengalaman bisnis di luar negeri.
  2. Terampil berbahasa Inggris aktif (pengantar proses belajar mengajar disampaikan dalam bahasa Inggris)

 

Kompetensi

Kompetensi utama lulusan Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (Prodi MBTI) adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menyusun perencanaan, melakukan pengorganisasian, penyusunan staf, memimpin dan mengarahkan orang lain, dan melakukan pengendalian dalam rangka mengelola suatu organisasai bisnis dan non bisnis.
  2. Mampu melaksanakan tugas-tugas manajer fungsional (Pemasaran, Operasi, SDM, Keuangan) dan wirausaha pada suatu organisasi bisnis dan non bisnis.
  3. Mampu  memecahkan permasalahan operasional dan manajerial, memilih solusi terbaik, menyusun rekomendasi keputusan, dan rencana tindakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Mampu  memahami teori, konsep, metoda, dan perangkat analisis yang terkait dengan ketrampilan manajerial di bidang Pemasaran, SDM, Operasi, dan Keuangan.
  5. Mampu  melakukan pengumpulan dan pengolahan data serta menganalisis informasi yang relevan dalam proses penelitian.
  6. Mampu  menerapkan konsep manajemen pemasaran yang meliputi aspek-aspek manajemen dan pemasaran, penetapan bauran pemasaran, mengembangkan  strategi  sampai dengan perencanaan program pemasaran di suatu perusahaan.
  7. Terampil mendemonstrasikan  sistem  pencatatan analisa dan penyediaan laporan keuangan pada perusahaan sebagai dasar pengambilan keputusan keuangan, serta melakukan analisa sumber-sumber pendanaan berdasarkan teori struktur modal yang dapat diterapkan dalam suatu perusahaan.
  8. Memiliki jiwa wirausaha sehingga mampu berkontribusi signifikan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  9. Mampu  menerapkan konsep manajemen operasi yang meliputi desain operasi & manajemen kualitas, serta melakukan analisa manajemen  proyek di suatu perusahaan.
  10. Mampu mengelola sumber daya manusia yang meliputi: pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa, dan pengelolaan individu anggota organisasi atau  kelompok karyawan, juga menyangkut desain dan implementasi sistem  perencanaan, penyusunan  karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan  karir, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan, dan hubungan ketenagakerjaan yang baik.


Disamping kompetensi utama terdapat kompetensi pendukung lulusan yang terdiri dari:

  1. Terampil membuat analisa bisnis dengan menggunakan konsep ekonomi mikro dan makro yang meliputi: hubungan teori produksi dan biaya produksi, hubungan struktur pasar dan strategi kompetitif, serta menghitung tingkat pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan penganggaran.
  2. Terampil melakukan interpretasi data hasil perhitungan statistika yang digunakan dalam  kasus bisnis dan  manajemen, membandingkan beberapa macam distribusi probabilitas, serta menafsirkan makna dari hasil estimasi interval kepercayaan.
  3. Mampu memahami peran tata kelola perusahaan yang mencakup perangkat analisis corporate governance yang terdiri atas governance board, governance principles, governance mechanism, dan pokok-pokok bahasan etika bisnis serta etika pasar bebas.
  4. Terampil merancang proposal penelitian bisnis dan menganalisis hasil survey lapangan maupun studi literatur.

 

Lulusan Prodi MBTI memiliki pilihan kompetensi seperti:

  1. Konsentrasi Manajemen Bisnis Telekomunikasi (MBT)kompetensi lulusan:
    1. Mampu  mengimplementasikan  pengelolaan  bisnis telekomunikasi
    2. Terampil melakukan evaluasi manajemen berbasis Telekomunikasi dengan dukungan  pengetahuan jaringan telekomunikasi wireless dan seluler serta konsep supply chain management dalam bisnis telekomunikasi.
    3. Mampu menganalisis model bisnis yang sedang digunakan di industri telekomunikasi saat ini (E-tom).
    4. Terampil melakukan customer relationship management di industri telekomunikasi
    5. Mampu  mengevalusi konsep costing and pricing di perusahaan telekomunikasi.
  2. Konsentrasi Manajemen Bisnis Informatika (MBI)kompetensi lulusan:
    1. Mampu  mengimplementasikan pengelolaan bisnis informatika.
    2. Mampu mengelola keamanan informasi  dan memahami audit keamanan informasi.
    3. Mampu  menganalisis sistem informasi manajemen disertai dengan prosedur pengujian perangkat lunak.
    4. Terampil menciptakan sebuah rencana bisnis informasi.
    5. Mampu merancang proses bisnis e-commerce dan IT business.
  3. Konsentrasi Manajemen Bisnis Media (MBM)kompetensi lulusan:
    1. Mampu mengimplementasikan pengelolaan bisnis media dan pemasaran bisnis media.
    2. Mampu mengevaluasi sistem preservasi informasi digital pada perusahaan-perusahaan media.
    3. Terampil menghasilkan suatu karya konten yang memanfaatkan media ICT dengan menggunakan unsur-unsur pembentuk konten dan memiliki daya tarik.
  4. Konsentrasi Manajemen Bisnis Konten (MBK)kompetensi lulusan:
    1. Mampu memahami ekosistem dalam rantai bisnis konten pada jaringan telekomunikasi mobile, mengerti dan memahami potensi bisnis dari konten mobile, mengerti dan memahami proses penyediaan konten sampai dengan distribusi dan komersialisasinya.
    2. Mampu  menganalisis sistem manajemen konten multimedia dan web semantik.
    3. Mampu mengevaluasi sistem preservasi informasi digital pada perusahaan.
  5. Konsentrasi Manage ment of International ICT Business kompetensi lulusan:
    1. Mampu  mengelola bisnis berskala internasional ditunjang sertifikat International sesuai bidang yang diminati dan pengalaman bisnis di luar negeri.
    2. Terampil berbahasa Inggris aktif (pengantar proses belajar mengajar disampaikan dalam bahasa Inggris).

     

 

Dosen

 

No

Nama Dosen Tetap

Jabatan Akademik

1

Prof. Dr. Hiro Tugiman Somomenggolo

Guru Besar

2

Dr. Majidah

Lektor Kepala

3

Dr. Norita, SE., M.Si

Lektor Kepala

4

Dr. Ir. Yudi Pramudiana, MT., MM

Lektor Kepala

5

Drs. Dadang Iskandar, MM

Lektor Kepala

6

Drs. Erri Sahpari, Ak., MBA

Lektor Kepala

7

Drs. Indrawati, MM

Lektor Kepala

8

Drs. Tarcicius T. Sipayung, MM

Lektor Kepala

9

Dr. Gadang Ramantoko

Lektor

10

Dr. Maya Ariyanti, SE., MM

Lektor

11

Dr. Riza A.N. Rukmana, ST., MM

Lektor

12

Dr. Ir. Ratna Lindawaty, MM

Lektor

13

Dra. Ade Irma Susanty, MM

Lektor

14

Ir. Dodie Tricahyono, MM

Lektor

15

Palti M.T Sitorus, S.Si., MM

Lektor

16

Dr. Ir. Ria Lestari Moedomo

Asisten Ahli

17

Adhi Prasetio, ST., MM

Asisten Ahli

18

Anton Rustono, SE., MM

Asisten Ahli

19

Astrie Krisnawati, S.Ip., M.Si

Asisten Ahli

20

Brady Rikumahu, SE., MBA

Asisten Ahli

21

Dadan Rahadian, ST., MM

Asisten Ahli

22

Damayanti Octavia, SE., MM

Asisten Ahli

23

Elvira Aziz, SE., MT

Asisten Ahli

24

Herry Irawan, ST., MM

Asisten Ahli

25

Ilham Perdana, ST., MM

Asisten Ahli

26

Indira Rachmawati, ST., MSM

Asisten Ahli

27

Jurry Hatammimi, SE., MM

Asisten Ahli

28

Khairani R. Siregar, S.Si., MT

Asisten Ahli

29

Muhammad Azhari, SE., MBA

Asisten Ahli

30

Ir. Nora Amelda Rizal, MM

Asisten Ahli

31

Ratri Wahyuningtyas, ST., MM

Asisten Ahli

32

Refi Rifaldi Windya Giri, ST., MBA

Asisten Ahli

33

Rizki Vidyamukti, SE., ME

Asisten Ahli

34

Rr. Rieka F. Hutami, SMB., MM

Asisten Ahli

35

Siska Noviaristanti, S.Si., MT

Asisten Ahli

36

Yuhana Astuti, SE., S.Si., M.Agr., MT

Asisten Ahli

37

Ir. Yusuf Budiana, MBA

Asisten Ahli

38

Abdullah, S.Pd., MM

-

39

Andry Alamsyah, S.Si., M.Sc

 -

40

Arif Partono Prasetio, ST., MM

-

41

Dini Turipanan Alamanda, S.Tp., MSM

-

42

Ir. Endang Sofyan, MM

43

Farah Alfanur, S.Si., MSM., M.Eng

-

44

Drs. HA Romadlon, MM

-

45

Ir. Hariadi Ismail, M.Sc

-

46

Irni Yunita, ST., MM

-

47

Listyo Dwi Harsono, ST., MT

-

48

Osa Omar Sharif, S.Si., MSM

-

49

Puspita Kencana Sari, S.Kom., M.TI

-

50

Ratih Hendayani, ST., MM

-

51

Sisca Eka Fitria, ST., MM

52

Sri Widyanesti, ST., MM

-

53

Ir. Tjahjono Djatmiko, MBA

-

54

Yahya Peranginangin, ST., MAB

-

55

Deden Syarif Hidayatullah, S.Ag., M.PdI

-

56

Ella Jauvani Sagala, S.Psi., M.ScPsikologi

-

57

Fetty Poerwita Sary, SS., M.Pd

Asisten Ahli

58

F.X.  Ari Wibowo, ST., MT

-

59

Helni Mutiarsih Jumhur, SH., M.Hum

Asisten Ahli

60

Dra. Lestina Saragih, M.Th

-

61

Nidya Dudija, S.Psi., MA

Asisten Ahli

62

Nurvita Trianasari, S.Si., M.Stat

-

63

Sandra Imelda, SH., M.PIA

-

64

Dr. Jafar Sembiring

Asisten Ahli



index pengumuman akademik

Tulisan Dosen

Teliti Green Marketing Property

Lebih dari itu, bangunan ini harus hemat listrik, tak menggunakan teknologi yang berimbas pada perusakan lapisan ozone, serta pembuangan limbah yang ramah lingkungan dengan adanya sumur resapan. ...

Readmore

Tak Rugi Dengan Bursa Terintegerasi

oleh : Tieka Trikartika Gustyana, SE, MM

Sudah dua hari ini, Norman uring-uringan. Pialang saham Bursa Efek Indonesia (BEI) ini mengalami kerugian gara-gara salah mengambil keputusan. Alhasil, ...

Readmore

Design Strategy: Dongkrak Performa Bisnis Industri Kreatif

oleh : Siska Noviaristanti, S.Si, MT

Januari 2008, Samsung Electronics memenangkan 32 penghargaan inovasi dan rekayasa desain dalam Consumer Electronic Show, event terbesar dunia di bidang ...

Readmore

Branding Itu Penting

Oleh : Indira Rachmawati, ST, MSM

Mempromosikan merk sebuah produk tidaklah mudah. Dibutuhkan marketing andal untuk mempromosikan merk hingga menjadi sebuah brand. Tanpa brand yang kuat, produk ...

Readmore

Pengukuran Efektivitas Social Media

 oleh : Alila Pramiyanti, S.Sos, M.Si

Komunikasi pemasaran adalah suatu usaha untukmenginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupuntidak langsung tentang produk dan ...

Readmore

API – CMS : Kian Mudahnya Delivery Service

Sebagian warga kota pasti sering menggunakan jasa layanan pesan antar produk. Biasanya, selain pengiriman paket, layanan pesan antar makanan menjadi salah satu alternatif pilihan warga yang malas ...

Readmore

Pasarkan Produk dengan Budaya

Bagi masyarakat perkotaan, kehadiran internet adalah hal baru yang kini semakin lumrah digunakan. Perannya dalam mempermudah berbagai hal telah menjadikannya sebagai salah satu aplikasi teknologi ...

Readmore


index tulisan dosen

Contact us

Welcome to Institut Manajemen Telkom.

Address: Jalan Telekomunikasi, Ters. Buah Batu Dayeuh Kolot Bandung 40257.

Tel: +(62) 22 7503509.

Fax: +(62) 22 7505522.

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Prodi IM Telkom