Hire Me

TESCA 2013

Selamat dan Sukses atas prestasi IM Telkom meraih peringkat 2 Tesca 2013 (Telkom Smart Campus Award) untuk kategori Institut.

Meet Me

 ISO 9001.2008

Selamat atas keberhasilan IM Telkom dalam mempertahankan konsistensi implementasi ISO 9001.2008. Semoga makin maju dan sukses.

Design Strategy: Dongkrak Performa Bisnis Industri Kreatif

oleh : Siska Noviaristanti, S.Si, MT

Januari 2008, Samsung Electronics memenangkan 32 penghargaan inovasi dan rekayasa desain dalam Consumer Electronic Show, event terbesar dunia di bidang perdagangan perangkat teknologi. Penghargaan ini merupakan ganjaran bagi manajemen Samsung atas komitmennya untuk unggul di bidang teknologi dengan investasi pada riset, inovasi, dan desain produk.

Pada 2012, Samsung pun merajai pasar ponsel global. Berdasarkan data biro riset Strategy Analytics, di kuartal pertama tahun 2012, Samsung berhasil menjual smartphone dan fiture phone sebanyak 93,5 juta unit. Jauh di atas Nokia yang hanya mampu menjual 82,7 juta unit. Padahal, sebelumnya Nokia merupakan pembuat ponsel terbesar di dunia pada 1998 setelah menyalip Motorola. Saat itu, Samsung baru saja terjun ke pasar ponsel. Sekarang, perusahaan asal Korea Selatan ini berhasil menyingkirkan penguasaan Nokia selama 14 tahun dalam bisnis ponsel global.

Salah satu faktor pendukung kesuksesan Samsung adalah penggunaan design strategy. Samsung menjadikan desain sebagai competitive advantage dalam bisnisnya sejak tahun 1990-an. Mereka menggabungkan desain dengan strategi bisnis. Keputusan ini memberikan perubahan besar pada budaya, proses, dan sistem di internal perusahaan. Penghargaan yang diterima Samsung merupakan wujud nyata bahwa desain dapat dijadikan kekuatan bagi perusahaan.

Tak heran, strategi Samsung ini mulai diikuti perusahaan besar atau kecil lain dengan mempekerjakan konsultan desain untuk meningkatkan desain produknya. Design strategy merupakan pendekatan sistematis yang mengintegrasikan holisticthinking dan metode riset untuk menghasilkan strategi bisnis dan perencanaan strategis dalam konteks desain. Strategi ini dapat dimanfaatkan pengusaha-pengusaha di industry kreatif.

Di industri kreatif, nilai ekonomi suatu produk atau jasa tidak lagi ditentukan bahan baku atau sistem produksi, tetapi pada pemanfaatan kreativitas dan inovasi. Produk atau jasa tidak dapat lagi bersaing di pasar global dengan hanya mengandalkan harga atau mutu produk, tetapi bersaing berbasiskan inovasi, kreativitas, dan imajinasi. Untuk bertahan dalam persaingan industri yang semakin ketat seluruh sistem di perusahaan harus mendukung proses inovasi yang meliputi keseluruhan fungsi manajemen di perusahaan : produksi, keuangan, operasi dan marketing. Design strategy hamper sama dengan management strategy. Pada design strategy, elemen desain dimasukan sebagai unsur kekuatan dan pembeda. Perusahaan dapat menentukan dimana peran desain di perusahaan. Salah satu tools yang saat ini sering digunakan perusahaan untuk melakukan design strategy adalah business model canvas.

Bisnis model ini mempertimbangkan sembilan elemen dalam strateginya. Pertama, customer segment yang menentukan sekelompok orang atau organisasi mana yang menjadi target perusahaan untuk dicapai dan dilayani. Untuk industri kreatif, konsumennya sangat tersegmentasi. Artinya, benar-benar harus diketahui psikografis, demografis, geografis dan behavior dari konsumen produk perusahaan. Kedua, value propositions yang mendeskripsikan produk atau service bernilai untuk segmen konsumen yang telah ditentukan. Desain bisa menjadi salah satu nilai atau competitive advantage perusahaan. Desain dapat muncul pada perancangan produk dan kemasan produk yang sesuai dengan target segmen konsumen ataupun logo perusahaan yang dapat menggambarkan value perusahaan.

Ketiga, channels yang mendeskripsikan bagaimana perusahaan berkomunikasi dan mencapai konsumen yang ditargetkan untuk men-deliver produknya. Pada bagian ini desain bisa berperan dalam perancangan tampilan iklan diberbagai media, tampilan toko, event-event pameran yang diadakan, dan sebagainya. Keempat, customer relationship yang mendeskripsikan tipe hubungan yang akan dibangun perusahaan dengan target konsumennya. Beberapa hubungan yang bisa dipertimbangkan untuk dikembangkan di industri kreatif adalah communities development dan co-creation. Co-creation menampung masukan-masukan dari konsumen untuk product atau service improvement. Kelima, revenue streams yang menunjukkan besar pendapatan perusahaan yang dihasilkan dari konsumen. Keenam, key resources, yakni aset-aset yang dibutuhkan untuk membuat bisnis model yang direncanakan bekerja. Jika memang perusahaan memutuskan untuk menjadikan desain sebagai competitive advantage, maka salah satu resources yang dibutuhkan adalah desainer-desainer andal, baik desain interior, desain komunikasi visual maupun desain produk. Ketujuh, key activities, yaitu harus dilakukan perusahaan untuk membuat bisnis model yang direncanakan bekerja.

Kedelapan, key partnership yang mendeskripsikan jaringan supplier dan partner yang harus dibangun untuk membuat model bisnis bekerja. Terakhir, cost structure yang mendeskripsikan biaya-biaya yang muncul agar bisnis model bisa dioperasikan. Kesuksesan perusahaan bukan suatu hal yang dating secara tiba-tiba. Dengan mendesain apa yang akan dilakukan perusahaan, sama halnya dengan mendesain kesuksesan di masa datang. Design strategy dapat digunakan sebagai business plan dan membantu sustainability business di industri kreatif.(*)

Penulis : Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual (Ka Prodi DKV) IM Telkom



index pengumuman akademik

Tulisan Dosen

Teliti Green Marketing Property

Lebih dari itu, bangunan ini harus hemat listrik, tak menggunakan teknologi yang berimbas pada perusakan lapisan ozone, serta pembuangan limbah yang ramah lingkungan dengan adanya sumur resapan. ...

Readmore

Tak Rugi Dengan Bursa Terintegerasi

oleh : Tieka Trikartika Gustyana, SE, MM

Sudah dua hari ini, Norman uring-uringan. Pialang saham Bursa Efek Indonesia (BEI) ini mengalami kerugian gara-gara salah mengambil keputusan. Alhasil, ...

Readmore

Design Strategy: Dongkrak Performa Bisnis Industri Kreatif

oleh : Siska Noviaristanti, S.Si, MT

Januari 2008, Samsung Electronics memenangkan 32 penghargaan inovasi dan rekayasa desain dalam Consumer Electronic Show, event terbesar dunia di bidang ...

Readmore

Branding Itu Penting

Oleh : Indira Rachmawati, ST, MSM

Mempromosikan merk sebuah produk tidaklah mudah. Dibutuhkan marketing andal untuk mempromosikan merk hingga menjadi sebuah brand. Tanpa brand yang kuat, produk ...

Readmore

Pengukuran Efektivitas Social Media

 oleh : Alila Pramiyanti, S.Sos, M.Si

Komunikasi pemasaran adalah suatu usaha untukmenginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupuntidak langsung tentang produk dan ...

Readmore

API – CMS : Kian Mudahnya Delivery Service

Sebagian warga kota pasti sering menggunakan jasa layanan pesan antar produk. Biasanya, selain pengiriman paket, layanan pesan antar makanan menjadi salah satu alternatif pilihan warga yang malas ...

Readmore

Pasarkan Produk dengan Budaya

Bagi masyarakat perkotaan, kehadiran internet adalah hal baru yang kini semakin lumrah digunakan. Perannya dalam mempermudah berbagai hal telah menjadikannya sebagai salah satu aplikasi teknologi ...

Readmore


index tulisan dosen

Contact us

Welcome to Institut Manajemen Telkom.

Address: Jalan Telekomunikasi, Ters. Buah Batu Dayeuh Kolot Bandung 40257.

Tel: +(62) 22 7503509.

Fax: +(62) 22 7505522.

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Prodi IM Telkom