Hire Me

TESCA 2013

Selamat dan Sukses atas prestasi IM Telkom meraih peringkat 2 Tesca 2013 (Telkom Smart Campus Award) untuk kategori Institut.

Meet Me

 ISO 9001.2008

Selamat atas keberhasilan IM Telkom dalam mempertahankan konsistensi implementasi ISO 9001.2008. Semoga makin maju dan sukses.

Branding Itu Penting

Oleh : Indira Rachmawati, ST, MSM

Mempromosikan merk sebuah produk tidaklah mudah. Dibutuhkan marketing andal untuk mempromosikan merk hingga menjadi sebuah brand. Tanpa brand yang kuat, produk tak akan terkenal dan laris di pasaran. Berdasarkan fenomena ini timbul pertanyaan, apakah masyarakat cenderung membeli karena pertimbangan merk produk atau karena fungsi dan rasanya?

Dari hasil penelitian penulis, brand produk akan timbul salah satunya melalui iklan dan promosi. Iklan di sini berfungsi untuk memberi penjelasan mengenai produk dan menarik konsumen untuk membeli. Iklan sendiri terbagi dua, yaitu iklan above the line dan below the line.

Iklan Above The Line ditujukan kepada masyarakat umum atau massal. Sementara iklan Below The Line biasanya untuk peluncuran produk yang telah ditentukan segmen pasarnya. Bila peluncuran dilakukan di tempat elite, sasaran pembelinya biasanya golongan menengah ke atas, begitu pula sebaliknya.

Sementara promosi adalah kegiatan produsen untuk memberi keringanan pembelian atau membagikan produk secara cuma-cuma, dengan harapan konsumen akan tertarik dan dapat menjadi branding. Strategi marketing seperti ini dipercaya dapat menarik konsumen lebih banyak.

Berdasarkan sampel penelitian penulis, dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat Indonesia membeli dan tertarik dengan sebuah produk hingga menciptakan brand dalam sebuah merk setelah ia mencobanya. Dengan kata lain, ketika seorang konsumen telah mencoba produk itu,lalu merasa nyaman dan tertarik, maka ia akan memberikan brand tersendiri terhadap merk tersebut. Setelah konsumen mempunyai ketertarikan, yang dibutuhkan selanjutnya adalah loyalitas konsumen, dan jika memungkinkan ia bisa memberikan rekomendasi bagi konsumen lainnya. Konsumen Indonesia ternyata memiliki kecenderungan lebih percaya kepada produk yang direkomendasikan orang terdekat.

Di sinilah letak pentingnya marketing untuk memasarkan produk hingga menciptakan branding tersendiri. Bila brand telah melekat, maka pasar akan semakin meluas, apalagi bila ditambah dengan saran dan rekomendasi orang yang telah menggunakan produk itu. Faktor selanjutnya yang dapat menarik seseorang untuk membeli sebuah produk adalah latar belakang ekonomi.Kalangan ekonomi menengah ke atas cenderung membeli merk produk berkualitas. Ratarata pertimbangannya karena gengsi kepada rekan-rekannya. Bahkan, terkadang pembeli hanya mempertimbangkan merk berharga mahal dan mengesampingkan fungsi atau kegunaannya. Komunitas seperti ini tidak terlalu banyak di Indonesia. Sementara untuk kalangan ekonomi menengah ke bawah, pertimbangan utama membeli suatu produk adalah harga.

Terkadang masyarakat kelas ini mengetahui mana produk bermerk bagus dan berkualitas.Namun jika harga tidak mendukung dan tidak sesuai kemampuan keuangan, maka mereka akan berpikir dua kali sebelum membeli. Indonesia memiliki tipe konsumen yang tidak selalu melihat merk, tapi lebih kepada apa yang mereka alami. Hanya kalangan menengah ke atas yang biasanya melihat merk sebelum membeli sebuah produk.Ind onesia memiliki dua tipe konsumen. Tipe pertama, orang yang mengetahui produk bagus dan kurang bagus, tapi ia tetap membeli yang kurang bagus selama harganya terjangkau. Tipe kedua, orang yang konsumtif, dimana sebenarnya dia tidak terlalu membutuhkan sebuah produk namun tetap dibeli karena gengsi. Tipe konsumen seperti ini tidak terlalu memikirkan segi fungsi dan kebutuhan.

Oleh karena itu, produsen dari luar negeri sangat senang memasukkan produknya keIndonesia, sebab Indonesia memiliki pangsa pasar yang variatif. Kedua tipe konsumen itu pun di Indonesia dapat berjalan serempak. Ini berbeda dengan masyarakat di negara maju yang membeli sebuah produk rata-rata karena kebutuhan dan fungsinya. Melihat tipe-tipe konsumen itu, diharapkan produsen memberikan layanan yang lebih baik, seperti solusi jika konsumen menemui masalah dari produk yang dibelinya.Pasalnya, marketing bukan hanya menjual, tapi juga memaintenance konsumen.

Intinya, pembelian sebuah merk berbeda dengan pembelian sebuah produk atau jasa. Namun keduanya samasama dimulai dari kebutuhan orang, lalu mencari informasi dari iklan maupun media lain. Selanjutnya, konsumen akan mengevaluasi atau menimbangnimbang produk mana yang lebih bagus dan lebihterjangkau. Untuk mencapai sebuah brand, maka konsumen harus sampai pada merasakan produk itu, karena di sinilah akan timbul brand dari merk yang digunakan.(*)

Penulis : Dosen Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) IM Telkom



index pengumuman akademik

Tulisan Dosen

Teliti Green Marketing Property

Lebih dari itu, bangunan ini harus hemat listrik, tak menggunakan teknologi yang berimbas pada perusakan lapisan ozone, serta pembuangan limbah yang ramah lingkungan dengan adanya sumur resapan. ...

Readmore

Tak Rugi Dengan Bursa Terintegerasi

oleh : Tieka Trikartika Gustyana, SE, MM

Sudah dua hari ini, Norman uring-uringan. Pialang saham Bursa Efek Indonesia (BEI) ini mengalami kerugian gara-gara salah mengambil keputusan. Alhasil, ...

Readmore

Design Strategy: Dongkrak Performa Bisnis Industri Kreatif

oleh : Siska Noviaristanti, S.Si, MT

Januari 2008, Samsung Electronics memenangkan 32 penghargaan inovasi dan rekayasa desain dalam Consumer Electronic Show, event terbesar dunia di bidang ...

Readmore

Branding Itu Penting

Oleh : Indira Rachmawati, ST, MSM

Mempromosikan merk sebuah produk tidaklah mudah. Dibutuhkan marketing andal untuk mempromosikan merk hingga menjadi sebuah brand. Tanpa brand yang kuat, produk ...

Readmore

Pengukuran Efektivitas Social Media

 oleh : Alila Pramiyanti, S.Sos, M.Si

Komunikasi pemasaran adalah suatu usaha untukmenginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupuntidak langsung tentang produk dan ...

Readmore

API – CMS : Kian Mudahnya Delivery Service

Sebagian warga kota pasti sering menggunakan jasa layanan pesan antar produk. Biasanya, selain pengiriman paket, layanan pesan antar makanan menjadi salah satu alternatif pilihan warga yang malas ...

Readmore

Pasarkan Produk dengan Budaya

Bagi masyarakat perkotaan, kehadiran internet adalah hal baru yang kini semakin lumrah digunakan. Perannya dalam mempermudah berbagai hal telah menjadikannya sebagai salah satu aplikasi teknologi ...

Readmore


index tulisan dosen

Contact us

Welcome to Institut Manajemen Telkom.

Address: Jalan Telekomunikasi, Ters. Buah Batu Dayeuh Kolot Bandung 40257.

Tel: +(62) 22 7503509.

Fax: +(62) 22 7505522.

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Prodi IM Telkom