Hire Me

TESCA 2013

Selamat dan Sukses atas prestasi IM Telkom meraih peringkat 2 Tesca 2013 (Telkom Smart Campus Award) untuk kategori Institut.

Meet Me

 ISO 9001.2008

Selamat atas keberhasilan IM Telkom dalam mempertahankan konsistensi implementasi ISO 9001.2008. Semoga makin maju dan sukses.

Pasarkan Produk dengan Budaya

Bagi masyarakat perkotaan, kehadiran internet adalah hal baru yang kini semakin lumrah digunakan. Perannya dalam mempermudah berbagai hal telah menjadikannya sebagai salah satu aplikasi teknologi yang perlu dicoba. Tapi tidak bagi masyarakat daerah yang masih memegang teguh adat dan kebudayaannya. Salah satunya, masyarakat Tolaki yang berada di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Hal ini pula yang dialami PT Telkom Tbk dalam memperkenalkan produk internetnya. Tak seperti pada masyarakat di Pulau Jawa, masyarakat IndonesiaTimur belum banyak diperkenalkan dengan teknologi telekomunikasi khususnya. Untuk itu, perlu pendekatan khusus sebagai strategi berkomunikasi dalam memasarkan produknya. Mengingat, salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk adalah lingkungan. Exposure yang ditebarkan korporasi untuk konsumen belum tentu direspon sesuai harapan, karena konsumen memiliki pertimbangan lain sebelum membeli.
Selain lingkungan, budaya menjadi unsur utama yang menyertai PT Telkom dalam mempromosikan produknya, terutama internet. Kebudayaan sendiri adalah keseluruhan pengetahuan manusia sebagai mahluk sosial yang digunakan untuk memahami dan menginterpretasi lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi pedomanbagi tingkah lakunya. Kebudayaan merupakan milik bersama yang diwariskan melalui proses belajar dengan menggunakan simbol-simbol yang berbentuk maupun tidak (termasuk peralatan yang dibuat manusia).
Sementara itu, strategi komunikasi menjadi aspek penting dalam komunikasi pemasaran (marketing communication).
Dalam kajian komunikasi dikenal rumusan AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, and Action). Sedangkan dalam kajian disiplin perilaku konsumen dikenal istilah Three Component of Attitude Model Cognitive (pengetahuan),
Affection (perasaan) dan Conative (kecenderungan untuk berperilaku). Penjualan produk baru terjadi jika ada perubahan sikap pada tataran konatif atau munculnya kecenderungan untuk melakukan sesuatu, yakni membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Dalam mengkampanyekan produknya, PT Telkom kemudian menggunakan aspek-aspek budaya masyarakat Tolaki, Kendari, Sulawesi Tenggara. Pasalnya, implementasi pendekatan budayadalam kampanye produk sangat berpengaruh signifikan terhadap program marketing PT Telkom Kendari. Pendekatan budaya yang dilakukan berdasarkan tujuh unsur kebudayaan, yaitu bahasa, sistem teknologi, mata pencaharian, organisasi sosial, sistem pengetahuan, religi,serta kesenian.
Namun, dari ketujuh unsure itu, pendekatan paling mudah adalah melalui unsur kesenian, di antaranya seni tari Malulo. Tarian pergaulan ini sangat digemari masyarakat Tolaki yang ditarikan pada waktu-waktu tertentu, seperti usai panen. Tarian ini selalu dijadikan tarian utama dalam setiap kegiatan kampa nye PT Telkom Kendari. Tarian ini wajib dilakukan setiap karyawan,baik penduduk asli Kendari maupun yang berasal dari luar kota ketika menggelar acara di dalam maupun luar ruangan.
Melalui Malulo, PT Telkom melakukan strategi komunikasi pemasaran getok tular (word of mouth marketing). Melalui tarian Malulo, PT Telkom mendapatkan tokoh masyarakat utama menyebarkan berita atau cerita yang dinilai cukup ampuh untuk mengenalkan produk internet (Speedy) dan komputer yang belum terlalu dikenal masyarakat. Selain lewat tarian Malulo, PT Telkom khususnya unit kehumasannya selalu berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat, seperti dalam Festival Teluk Kendari. Acara tahunan hari jadi Kota Kendari ini selalu dimeriahkan aneka tarian dan lagu tradisional, pameran kerajinan, aneka macam perlombaan, parade, dan lain-lain. Melalui partisipasi ini, PT Telkom mendapat keuntungan, seperti muncul di publikasi media massa, mengundang rasa simpati publik dan mendukung program Telkom selanjutnya, melibatkan khalayak dalam kegiatan kehumas-an maupun pemasaran produk Telkom, serta menjadi sarana penyampaian informasi kehumasan dan kampanye pemasaran lainnya.
Terakhir, menyesuaikan bentuk promosi PT Telkom dengan masyarakat setempat. Kampanye produk PT Telkom, dalam hal ini internet, dilakukan dengan diawali pengenalan produk internet mulai dari definisi, fungsi, hingga cara penggunaannya.Kegiatan ini dilakukan PT Telkom Kendari melalui program Internet Goes To School (IGTS). Program yang ditujukan bagi para guru di Kota Kendari ini diharapkan mampu memberi pemahaman dan pengalaman serta memberikan petunjuk mengenai penggunaan internet. Jika sudah begini, budaya bukan lagi hambatan berarti dalam memperkenalkan teknologi.

 

(Berdasarkan paper berjudul “Implementasi Pendekatan Budaya dalam Komunikasi Pemasaran Produk Telekomunikasi [Studi Kasus Marketing PT Telkom Kendari Sulawesi Tenggara]” karya Maylanny Christin, S.S, M.Si).(*)

Penulis : Dosen Prodi Ilmu Komunikasi – Sekolah Komunikasi dan Multimedia IM Telkom



index pengumuman akademik

Tulisan Dosen

Teliti Green Marketing Property

Lebih dari itu, bangunan ini harus hemat listrik, tak menggunakan teknologi yang berimbas pada perusakan lapisan ozone, serta pembuangan limbah yang ramah lingkungan dengan adanya sumur resapan. ...

Readmore

Tak Rugi Dengan Bursa Terintegerasi

oleh : Tieka Trikartika Gustyana, SE, MM

Sudah dua hari ini, Norman uring-uringan. Pialang saham Bursa Efek Indonesia (BEI) ini mengalami kerugian gara-gara salah mengambil keputusan. Alhasil, ...

Readmore

Design Strategy: Dongkrak Performa Bisnis Industri Kreatif

oleh : Siska Noviaristanti, S.Si, MT

Januari 2008, Samsung Electronics memenangkan 32 penghargaan inovasi dan rekayasa desain dalam Consumer Electronic Show, event terbesar dunia di bidang ...

Readmore

Branding Itu Penting

Oleh : Indira Rachmawati, ST, MSM

Mempromosikan merk sebuah produk tidaklah mudah. Dibutuhkan marketing andal untuk mempromosikan merk hingga menjadi sebuah brand. Tanpa brand yang kuat, produk ...

Readmore

Pengukuran Efektivitas Social Media

 oleh : Alila Pramiyanti, S.Sos, M.Si

Komunikasi pemasaran adalah suatu usaha untukmenginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupuntidak langsung tentang produk dan ...

Readmore

API – CMS : Kian Mudahnya Delivery Service

Sebagian warga kota pasti sering menggunakan jasa layanan pesan antar produk. Biasanya, selain pengiriman paket, layanan pesan antar makanan menjadi salah satu alternatif pilihan warga yang malas ...

Readmore

Pasarkan Produk dengan Budaya

Bagi masyarakat perkotaan, kehadiran internet adalah hal baru yang kini semakin lumrah digunakan. Perannya dalam mempermudah berbagai hal telah menjadikannya sebagai salah satu aplikasi teknologi ...

Readmore


index tulisan dosen

Contact us

Welcome to Institut Manajemen Telkom.

Address: Jalan Telekomunikasi, Ters. Buah Batu Dayeuh Kolot Bandung 40257.

Tel: +(62) 22 7503509.

Fax: +(62) 22 7505522.

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Prodi IM Telkom